Kamis, 05 Januari 2012

Kampung Inggris "Pare"

Temen-temen pasti pernah denger kan yang namanya "Kampung Inggris". Nah, kampung inggris ini letaknya di PARE. Sebenernya pare itu bukan nama kampung sih, cuma karna udah dikenalnya seperti itu jadi ya mau gimana lagi ... <tuwew-wew> -__-
 

Pare itu sebenernya nama kecamatannya, nah letak kampung inggrisnya itu di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kota Kediri Jawa Timur. Lebih tepatnya lagi sih di Jl. Brawijaya atau di Jl. Anyelir, di kedua jalan itulah ada puluhan kursus dan lembaga pembelajajaran 'n pelatihan bahasa. Menurut info yang saya dapet sekarang ada kurang lebih sekitar 80 kursusan disana. Disana gak cuma ada kursusan inggris aja sih, ada juga kursusan Bahasa Arab, Jepang, Mandarin, dll. Namun sebagian besar sih 95% bahasa inggris.
Nih aku sebutin sedikit aja yah lembaga kursus yang ada disana ; BEC, Mahesa Institute, Smart ILC, Harvard, Elfast, Evergreen, SEC, Beswan, Venus dan masih buanyak lagi. 


Beraneka ragam program ditawarkan disana. Mulai dari yang berbasis waktu, ada program 1 minggu, 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Dan ada juga yg untuk tingkatan D1&S1 for english program.
Dan disana kita bisa pilih program apa yang ingin kita pelajari, ada speaking, writing, reading, listening, listening, structure/grammar, vocabulary, pronunciation, preparation TOEFL or IELTS.
Untuk masalah tempat tinggal jangan kawatir, disana banyak kos-kosan, dan plus-nya tuh ada kosan yang berbasis English Camp atau English Area. Jadi, kita bisa langsung praktekin apa yang kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Disana kita belajar secara intensif.

Aku juga pernah belajar disana ketika masih duduk di SMA, saya disana ambil program di BEC (Basic English Course) ... <maaf fotonya ada di diary saya hehe>
Aku di BEC selama 4 bulan, sebenernya sih mesti 6 bulan kalo di BEC. Tapi karena aku harus melanjutkan sekolah aku jadi aku gak ikut yg 2 bulang lagi. <nyesel>
Selain di BEC aku juga ambil program speaking + structure di Evergreen Holiday Program selama 3 bulan.

  
 [aku yang pake topi cowboy] hehe ....  :P

Untuk biaya hidup disana gak diperluin budget besar.
*Biaya pemberangkatan tergantung pribadi masing-masing ; bisa naik kereta, bis, atau kendaraan pribadi
Kalo dulu sih aku naik kereta ekonomi Tanah Abang-Kediri / Jakarta Kota-Jombang <kisaran 40rb> trus naik bis deh ke Pare-Kediri (langsung berenti aja di desa tulungrejo, bilang ke kondekturnya) <tarif bis lupa hehe :P>
*Biaya kos beragam mulai dari 60.000/bulan - 150.000/bulan <murah kan sob!>
*Biaya kursus, kalo biaya kursus sih tergantung program yg kita ambil dan tergantung lembaga nya juga.
Tapi kalo menurut aku sih murah buangett ... berkisar antara 60.000 - 100.000/ bulan, atau bisa lebih tergantung program yg kita ambil. Dan itupun seperti kita masuk seperti kuliah ... bisa 3-5 hari aktif belajar-perminggu
*Makan, cukup 3000 untuk nasi pecel, pokoknya murah deh kalo masalah makan. Kalo yg biasa kumpul2 bareng temen disana juga ada lesehan ada koq yang sediain fasilitas wi-fi <jadi kan enak bisa sambil tetep online>
*Laundry, buat yang gak biasa nyuci sendiri tenang aja .. disana ada laundry kok

Tenang aja yah sob, jangan dikira karena namanya kampung inggris jadi pada ngiranya ini kampung banget .. gak kok ! ada fasilitas umum nya juga ... ATM, Bank, Swalayan, Distro, Laundry, RS, Apotik, dll.

Buat yang sering hang-out disana ada Stadion Chandra Bhirawa 'n bunderan, Masjid Raya Pare ...yang bisa dijadiin tempat refreshing 'n relaxing di waktu senggang, ada juga alun-alun yg biasa buat nge-date anak2 sana pas satnite.

Jangan bingung untuk masalah transportasi, disana ada penyewaan sepeda 20.000-30.000/bulan <disana musimnya sepeda> gak kyk disinii anak smp aja dah pada bawa motor hmm ...


Mungkin segitu aja dulu yang bisa aku share. Moga bermanfaat. Amiinn .. !!!





3 komentar:

  1. sayaaa pun sudah merasakaaan bagaimana indah kehidupan di sini :)

    BalasHapus
  2. yes you're right !
    it's very beatutiful village

    although I had been there just for 5 months I got many precious experiences ^_^

    BalasHapus